Magelang merupakan kabupaten yang dikelilingi beberapa gunung yang indah yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Andong. Hal ini membuat kota Magelang berada di tengah cekungan dengan dengan hawa yang sejuk. Pada saat malam hari, suhu dingin akan meningkat. Suhu dingin seringkali membuat perut menjadi lapar. Nah, makanan yang cocok untuk disantap saat hawa dingin di Magelang selain bakso atau soto adalah sop senerek.

Sop dengan berbahan daging sapi, atau bisa juga daging ayam, Sop ini dicampur dengan potongan wortel, kentang, bayam, dan beberapa potongan cabai. Yang khas dari sop senerek adalah adanya kacang merah yang dominan dan menyumbul memenuhi mangkuk.

Kaldunya yang harum

Kehangatan dari kaldu yang menguap dengan mengepul dari mangkuk sesaat setelah dituangkan dari panci. Sop senerek memiliki bahan bumbu rempah-rempah pilihan, yang menjadikan makanan ini sebagai makanan legendaris dan tersohor di kota yang banyak kunjungan karena adanya Candi Borobudur.

Ada banyak warung sop senerek yang berada di Magelang, namun Sop Senereknya Bu Atmo tidak boleh anda lewatkan. Karena warungnya sangat sederhana, dengan sususan meja yang berderet. Meja yang berderet menjadi satu ini membuat pengunjung atau pelanggan dapat berbaur bersama.

Baca Juga : Soto Kwali Soto Khas Solo

Berada di satu meja dengan orang-orang yang belum dikenal, makan bersama, sering kali dapat menciptakan sebuah perkenalan. Teman baru atau kenalan baru akan anda dapatkan di sini. Lupakan soal pengkotak-kotakan di warung satu ini.

Sop senerek dengan es beras kencur

Pasangan yang tepat untuk menikmati semangkuk sop senerek adalah minuman es beras kencur. Kehangatan dari sop dipadu segarnya es minuman tradisional akan menciptakan rasa yang tak mungkin anda temukan di tempat lain. Minuman ini merupakan jamu tradisionalnya orang jawa yang dari dulu tetap dilestarikan hingga sekarang.

Begitu sop senerek sudah siap untuk disantap di meja, akan muncul aroma bawang putih yang tercium sangat kuat. Bagi anda yang belum pernah mencicipi, mangkuk sop senerek panas ini mungkin akan terasa aneh. Tapi pada saat suapan berikutnya, cita rasa yang dihasilkan sop senerek akan membuat lidah anda beradaptasi dan menikmatinya.

Makanan warisan dari belanda

Sop senerek sendiri merupakan makanan warisan dari Belanda yang dulu sempat menjajah Indonesia. Siapa sangka di warung yang kecil sederhana, banyak pelanggan yang selalu mengantri terutama pada jam waktunya makan. Menyantap sop senerek dapat dipadukan dengan peyek cethul, tempe goreng, tahu goreng, atau sate kerang sebagai lauk pauk pasangan.

Ceritanya cukup sampai disini dulu ya ulasan tentang sop senerek. Buat anda yang membutuhkan catering jogja anda dapat menghubungi Solusi Catering. Karena solusi catering menyediakan paket catering soto seger juga lhoo. Soo jangan tunggu lama lama lagi yuk pesen kebutuhan catering anda di Solusi Catering.