Nasi Tumpang Legendaris

Sudahkah anda tahu tentang Nasi Tumpang? Jika anda belum mengetahuinya yuk ketahui bersama Solusi Catering jasanya Catering Jogja. Kali ini kami akan berbafi nasi tumpang yang sangat legendaris itu. Yuk simak selengkapnya dibawah ini:

Nasi tumpang merupakan salah satu kuliner nasi yang menggunakan kuah berupa sambal tumpang. Sambal Tumpang sendiri adalah salah satu sambal yang mana dibuat dengan menggunakan bahan tempe yang sudah basi dan dimasak dengan ayam. Cara penyajiannya hampir sama dengan nasi pecel yang sangat popular.

Tidak semua tempe dapat digunakan. Hanya daerah tertentu saja yang dapat menghasilkan tempe yang dapat menjadi basi sesuai dengan keinginan. Tempe daerah malang juga tidak dapat digunakan sebagai bahan dari sambel tumpang. Kalaupun dipaksa untuk menjadi basi rasanya pasti tidak sesedap aslinya.

Bumbu Yang Lezat

Pada umumnya bumbu pecel biasanya terbuat dari kacang yang mana sudah dihaluskan. Namun pecel tumpang atau sering disebut dengan nasi tumpang menggunakan bumbung yang berasal dari bahan dasar tempe semangit. Tempe semangit atau yang dikenal dengan tempe basi merupakan salah satu tempe yang mana disimpan melebihi dari batas fermentasi.

Jadi dapat dikatakan bahwa tempe semangit merupakan tempe yang sudah kelewat matangnya. Semangit merupakan kata yang berasal dari kata sangit. Yang mana memiliki arti beraroma menyengat.

Baca Juga : Lontong Balap Khas Surabaya

Walaupun terkesan aneh, tempe semangit merupakan tempa yang diburu di pasaran lho. Anda dapat membuat tempe semangit dirumah. Yah gampang, yaitu menyimpan tempe yang segar dengan suhu ruangan selama kurang lebih satu sampai dengan dua malam.

Tempe Semangit Yang Menambah Kelezatan

Tidak seperti tempe kedelai yang segar dan memiliki serabut putih. Dengan biji kedelai yang rapat, padat, dan menyatu. Tempe semangit berwarna kecokelatan dengan permukaannya yang kapang merata. Tekstur dari tempe semangit agak sedikit basah. Ciri ciri dari tempe semangit yaitu dari aromanya yang menyengat.

Saat anda memilih tempe semangit, anda perlu berhati hati. Jika anda menyimpannya terlalu lama, tempe semangit warnanya akan berubah, tekstur dan aromanya juga berubah. Jadi jangan sampai tempe semangitnya menjadi terlalu lembel, berair dan aromanya tajam menyengat.

Bumbu dan Rempah Yang Pas

Walaupun mirip dengan nasi pecel pada umumnya, Nasi tumpang memiliki citarasa yang sangat unik. Tempe semangit yang direbus ditumbuk dengan bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Setelah semuanya halus, bahan bahan yang tadi kemudian direbus dengan bumbu lainnya dan santan. Rebuslah hingga matang.

Baca Juga : Soto Sokaraja Yang Gurih dan Segar

Nah demikian ulasan dari Solusi Catering Jogja tentang nasi tumpang. Bagi anda yang membutuhkan jasa catering jogja, anda dapat menghubungi kami di Solusi Catering Jogja.

Jika anda sedang membutuhkan informasi terkait Jasa Catering Jogja yang terbaik dan murah dengan hidangan istimewa. Solusi Catering merupakan pilihan yang sangat tepat untuk anda. Bagi anda yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, Solusi Catering siap menjadi partner terbaik untuk setiap kebutuhan catering anda.

Ayo segera pesan kebutuhan Catering anda di Solusi Catering dan dapatkan pelayanan terbaik dari kami.