Nasi Liwet merupakan makanan khas yang berasal dari Solo. Makanan ini dibuat dari nasi yang dimasak dengan campuran santan kelapa sehingga memiliki rasa yang amat gurih. Masakan ini terlihat begitu sederhana, tapi Nasi Liwet ini memang sangat digemari oleh masyarakat dan sudah menjadi salah satu ikon kuliner tradisional dari kota Solo.

nasi liwet

Nasi Liwet ini di masak dengan air santan kelapa sehingga memiliki rasa gurih, renyah dan nikmat. Dalam proses pembuatannya, pertama tama beras di bersihkan terlebih dahulu selanjutnya dimasak bersama dengan santan dan sedikit air. Setelah berasnya lunak, selanjutnya di tanak hingga matang. Nasi Liwet memang memiliki kemiripan dengan yang Namanya nasi uduk. Tetapi berbeda pada saat penyajiannya.

Pembuatan nasi liwet

Pada umumnya, nasi liwet merupakan makanan dibuat dari nasi yang dimasak dengan campuran santan kelapa. Proses memasaknya mulanya di awali dengan membersihkan beras. Selanjutnya dimasak dengan santan dan air. Setelah berasnya lunak selanjutnya ditanak hingga matang.

Penyajian Nasi Liwet

Nasi Liwet biasanya disajikan dengan beberapa sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus dan kuah areh. Sayur labu siam ini terlebih dahulu dimasak dengan kaldu ayam sehingga akan memberikan sebuah rasa yang khas. Sayur labu siam ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Namun buat anda yang tidak menyukai rasa pedas, biasanya penjual akan menyediakan yang memiliki rasa yang sedikit manis. Keunikan pada penyajian Nasi Liwet adalah adanya kuah areh. Areh atau kumut merupakan kuah kental yang pada dasarnya terbuat dari santan yang di masak dengan cara tertentu. Areh ini memiliki rasa yang sangat gurih dan memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga memberikan sensasi yang berbeda saat kita memakannya.

nasi liwet khas solo

Kuah areh atau kumut merupakan kuah yang kental terbuat dari santan yang mana dimasak dengan cara khusus dan memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang lembut. Selain itu, anda juga dapat menambahkannya denga tahu, tempe, dan juga kerupuk saat menyantapnya.

Baca Juga : Kupat Tahu Kuliner Gurih Nusantara

Waktu Yang Cocok Untuk Nasi Liwet

Nasi liwet sangat cocok dinikmati kapanpun, bisa disantap untuk menu sarapan, makan siang, ataupun menu makan malam.

Bagi anda yang menyukai makanan pedas, anda juga dapat menambahkan sambal untuk penambah rasa pedas pada masakan. Makanan ini tetap cocok untuk kita nikmati kapanpun, seperti makan pagi, makan siang atau makan malam.

Nasi Liwet yang enak dan gurih

Nasi Liwet ini sangat mudah anda temukan khususnya di daerah Solo dan sekitarnya. Seperti daerah Keprabon, Solo, Desa Duwet dan Menuran, Sukoharjo. Di daerah situ banyak tersedia warung lesehan yang menyediakan Nasi Liwet gurih ini. Nah bagi anda yang sedang berkunjung ke Solo, Tentunya sangat kurang lengkap rasanya jika anda belum menikmati makanan nasi liwet tradisional satu ini.

Cukup sekian saja pengenalan dari Solusi Catering tentang “Nasi Liwet Makanan Khas Solo” Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner khas tradisional yang berasal dari indonesia. Jika sobat catering ada yang sedang membutuhkan Catering Jogja, anda dapat menghubungi Solusi Catering. Karena Solusi Catering memiliki banyak paket catering yang terdiri dari Paket Catering Nasi Kotak, Nasi Tumpeng, Coffee Break, Prasmanan, Snack Box dan Paket Soto Seger. Anda dapat memesan secara langsung melalui solusicatering.com