Keistimewaan Nasi Kuning

Nasi Kuning, tentu Anda tidak asing dengan hidangan ini. Sebagian besar orang pun pasti pernah memakan nasi kuning. Nasi kuning dianggap makanan yang spesial karena disajikan dalam acara-acara tertentu. Biasanya nasi kuning dihidangkan saat pesta ulang tahun, suatu perayaan tertentu, peresmian, atau acara-acara penting lain. Namun kini Anda bisa menemuinya setiap hari dengan mudah di pagi hari sebagai menu sarapan yang dijual oleh para penjual sarapan di pinggir jalan.

Nasi kuning memang sudah melekat di masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa. Namun, nasi kuning juga ada di berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya Pulau Jawa. Tentunya masing-masing daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya di daerah Jawa Tengah nasi kuning dimakan menggunakan lauk kering tempe dan telur dadar yang dipotong tipis-tipis, sedangkan nasi kuning di daerah kalimantan disantap menggunakan balado ikan dan sambal goreng.

Filosofi Nasi Kuning

Di dalam tradisi masyarakat Indonesia, tumpeng yang berbentuk gunungan yang mengerucut ini melambangkan gunung dimana masyarakat Jawa sangat menghormati dan memuliakan gunung. Oleh karena itu dengan dibuatnya tumpeng diharapkan akan membawa kemuliaan juga.

Sate

Warna kuning pada nasi kuning ini melambangkan emas yang memiliki makna kekayaan, kemakmuran, serta moral yang luhur. Berdasarkan filosofinya ini, maka nasi kuning sering dihidangkan dalam suatu acara penting dan acara-acara bahagia seperti kelahiran, peresmian, pernikahan, ulang tahun, dan lainnnya. Hal ini dianggap nasi kuning dapat membawa keberkahan  dan kemakmuran bagi yang merayakan acara penting tersebut.

Lauk pauk yang disajikan bersama nasi kuning ini masing-masing juga memiliki filosofinya tersendiri. Telur rebus utuh yang harus dikupas terlebih dahulu sebelum memakannya melambangkan suatu etos kerja dan dibutuhkan perencanaan yang matang dalam setiap tindakan yang dilakukan. Bahan-bahan sayur urap yang disajikan juga memiliki filosofi tersendiri seperti kacang panjang memiliki filosofi pemikiran yang visioner jauh ke depan, tauge memiliki filosofi untuk terus tumbuh dan berjuang. Cabai merah yang dibentuk seperti kelopak bunga yang ditancapkan di puncak tumpeng memiliki filosofi sebagai penerangan sehingga memberikan kebermanfaatan untuk sekitarnya.

Rempah Utama Membuat Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang biasnya dibuat dalam bentuk nasi tumpeng. Nasi kuning ini merupakan salah satu variasi dari nasi putih. Apabila Anda ingin membuat nasi tumpeng untuk suatu acara maka Anda bisa memilih untuk membuatnya menggunakan nasi putih atau nasi kuning.

Rempah utama dalam pembuatan nasi kuning adalah kunyit. Kunyit inilah yang membuat nasi menjadi berwarna kuning yang cantik, segar, dan gurih. Bumbu lain untuk membuat nasi kuning selain kunyit adalah santan, daun pandan, lengkuas, daun salam, serai, jahe, bawang merah dan garam.

Nah, itu tadi merupakan beberapa ulasan mengenai nasi kuning khas Indonesia terutama Pulau Jawa. Kini kita bukan hanya sekedar makan nasi kuning saja namun bisa mempelajari hikmah atas filosofi yang terkandung di dalam nasi tumpeng tersebut dan doa baik yang selalu tercurahkan kepada Tuihan Yang Maha Esa.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa catering Jogja untuk segala event Anda dapat menghubungi kami di Solusi Catering Jogja. Solusi Catering Jogja merupakan penyedia jasa layanan catering yang menyediakan aneka makanan, minuman, dan snack terbaik dan termurah di Jogja dan sekitarnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Solusi Catering Jogja Anda bisa mengakses website solusicatering.com atau menghubungi nomor whatsapp +62 857-4296-6649. Tunggu apa lagi? Percayakan kebutuhan catering Anda bersama Solusi Catering Jogja.