Gudeg? Apa Istimewanya?

Gudeg merupakan makanan tradisional yang dapat anda temukan dengan mudah di kota Yogyakarta. Mengapa demikian? Ya, karena gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang sudah sangat terkenal dan legendaris. Ketika anda berkunjung di kota pelajar tersebut anda dapat dengan mudah menemukan penjual Gudeg di setiap sudut kota Yogyakarta. Berikut Solusi Catering sebagai jasa catering Jogja terpercaya akan berbagi informasi mengenai keistimewaan makanan khas Jogja satu ini yaitu Gudeg.

Sejarah Gudeg

Seorang professor yang juga sebagai peneliti dari Pusat Kajian Makanan Tradision (PMKT) di Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM bernama Murdijati Gardjito pernah mengungkapan melalui Kompas Travel bahwa gudeng muncul bebarengan dengan pembentukan kota Jogja. Bahkan gudeg sudah ada sejak Yogyakarta baru mulai dibangun.

gudeg jogja

Di abad ke-16, ada kegiatan pembongkaran hutan belantara untuk dijadikan kawasan pembangunan peradaban yang dilakukan oleh prajurit Kerajaan Mataram. Kala itu, hutan yang dibabat memiliki banyak potensi pohon nangka serta kelapa. Jumlah prajurit yang mendapat tugas babat alas tersebut memiliki ide untuk memasak nangka dan kelapa sebagai sumber pangan mereka. Karena jumlah prajurit yang sangat banyak, akhirnya mereka memasak nangka muda dan kelapa yang dijadikan santan tersebut dalam ember besar yang terbuat dari logam dan pengaduk yang digunakan ialah kayu yang berbentuk seperti dayung perahu.

Proses pemasakan yang menggunakan adukan tersebut menyebabkan muncul nama yaitu Hangudek yang bermakna Mengaduk. Kemudian seriring berjalannya waktu nama Hangudek dirubah menjadi Gudeg.

Gudeg sendiri merupakan salah satu makanan ala kraton yang diberi pelengkap biasanya ialah ayam atau telur. Namun, bukan berarti gudeg hanya boleh dimakan oleh bangsa darah biru melainkan juga boleh dimakan oleh rakyat biasa. Biasanya rakyat biasa hanya makan gudeg yang berisi nangka muda dan santan saja namun ada beberapa yang melengkapinya dengan tempe ataupun tahu.

Tahun 1970 hingga 1980 Jogja mulai memperkenalkan gudeg ke khalayak ramai dengan penggalakan adanya kawasan gudeg di Jalan Wijilan. Dari waktu ke waktu gudeg mengalami popularitas yang semakin meningkat. Tak heran jika Jogja lebih banyak dikenal sebagai kota gudeg. Gudeg sendiri memiliki rasa yang manis dan gurih yang tidak bisa anda temukan pada makanan lain.

Jogja yang menjadi tujuan wisata oleh banyak pihak menuntut gudeg untuk terus dikembangkan terlebih sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa ke luar kota. Itulah sebabnya gudeng yang otentik berkuah atau basah sekarang dapat anda temukan gudeg kering sehingga mempermudah wisatawan untuk membawa gudeg ke luar kota atau bahkan luar Negeri.

Rekomendasi Gudeg Paling Terkenal di Yogyakarta

Anda dapat menemukan banyak penjual gudeg ketika sudah berada di Yogyakarta. Biasanya gudeg yang dijual dipinggir jalan ada setiap pagi untuk menu sarapan dan ada juga yang mulai buka di malam hari untuk menu makan malam. Namun anda tidak perlu khawatir bahwa gudeg hanya ada di pagi dan malam hari.

gudeg yu djum

Karena banyak rumah makan gudeg yang sudah besar dan terkenal di Yogyakarta yang buka dari pagi hingga malam hari. Berikut kami akan merekomendasikan beberapa tempat makan gudeg yang terkenal dan selalu laris oleh pengunjung.

  • Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum sangat mudah anda temui di Yogyakarta karena memang sudah memiliki bamyak cabang baik di area kota Jogja hingga di pinggirannya. Anda dapat menemukannya melalui bantuan google.maps. Gudeg Yu Djum yang pertama kali berdiri terletak di Jl. Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY. Gudeg disini dapat anda temui dalam bentuk basah ataupun kering. Gudeg kering biasanya disajikan dalam bentuk besek. Menu pelengkap gudeg ada banyak sekali yang bisa anda pilih sendiri mulai dari gudeg telur, ati ampela, ayam, tahu dan tempe.

  • Gudeg Mercon Bu Tinah

Pada umumnya, gudeg memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Sebagai solusi bagi anda yang tidak begitu menyukai rasa yang manis anda bisa mengunjungi Gudeg Mercon Bu Tinah jika anda ingin memakan gudeg dengan rasa yang berbeda yaitu pedas. Tentunya ini sangat cocok dengan anda yang pecinta makanan pedas. Lokasinya ada di Jl. Asem Gede, No. 8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Gudeg Mercon Bu Tinah bukanya di malam hari yaitu pukul 21.00 WIB.

  • Gudeg Mbah Lindu

Jika anda ingin makan gudeg yang sangat legendaries sejak setengah abad yang lalu, anda bisa mencoba Gudeg Mbah Lindu yang tersedia di sekitar Malioboro. Lokasi tepatnya berada di Jl. Sosrowijayan (depan hotel Grage Ramayana), Sosromenduran, Yogyakarta. Gudeg mbah Lindu dapat anda jadikan pilihan untuk sarapan pagi anda di Yogyakarta karena Gudeg Mbah Lindu ini buka mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Bagaimana? Sudah tahukan apa keistimewaan gudeg Jogja? Tambah istimewa jika anda makan gudeg di Kota Istimewa yaitu Yogyakarta. . Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan jasa catering untuk memenuhi kebutuhan anda untuk kegiatan hajatan, konsumsi rombongan wisata, syukuran, pesta dan lain sebagainya anda bisa menghubungi kami sebagai jasa catering Jogja terbaik, terpercaya dan enak yaitu Solusi Catering yang selalu mengutamakan kehalalan setiap makanan yang kami buat. Selain itu, solusi catering selalu memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menyajikan makanan yang enak namun harganya masih dapat terjangkau. Anda bisa menghubungi kami di 085742966649 atau melakukan pemesanan via email di halo@solusicatering.com. Berbagai layanan kami dapat anda lihat di website kami yaitu solusicatering.com atau mengunjungi alamat kami di Kasongan RT 01 Bangunjiwo Kasihan Bantul, Yogyakarta.