Anak Sudah Baligh? Bagaimana Aqiqahnya?

Apakah anda sudah pernah mendengar tentang aqiqah? Bagi anda yang beragama muslim tentu anda sudah tidak asing lagi mendengar kata aqiqah. Aqiqah sendiri merupakan bentuk ibadah yang dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran anak bagi umat muslim. Hukum dari aqiqah sendiri ialah sunnah muakkadah atau sangat ditekankan untuk dikerjakan jika muslim yang menunaikan ibadah aqiqah ini termasuk sebagai orang yang mampu secara materiil atau memiliki kelapangan harta. Jangan lupa, jika anda ingin melaksanakan aqiqah dan tidak ingin kerepotan mempersiapkannya anda bisa menggunakan jasa aqiqah jogja sebagai pilihan yang tepat.

catering jogja

Tahukah anda mengenai dalil tentang aqiqah? Tahukah anda waktu pelaksanaan aqiqah yang benar? Tahukah anda mengenai hukum islam anak yang belum di aqiqahi hingga ia dewasa? Yuk, simak ulasan dari Solusi Catering jasa catering Jogja berikut!

Dalil Kesunahan Aqiqah

Aqiqah identik dengan penyembelihan hewan berupa kambing ataupun domba. Jumlah hewan yang disembelih disesuaikan dengan jenis kelamin anak yang lahir. Jika anak yang lahir ialah laki-laki maka kambing yang harus disembelih berjumlah 2 ekor namun, jika anak yang dilahirkan ialah perempuan maka kambing yang harus disembelih ialah 1 ekor. Hewan yang disyariatkan tersebut merupakan anjuran dalam H.R Abu Daud yang memuat sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa yang ingin menyembelih untuk anaknya maka hendaknya ia menyembelih untuknya. Untuk anak laki-laki, dua kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing”, (H.R. Abu Daud).

Dalil kesunahan aqiqah sendiri merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Salman bin Amir Addhobi. Dalam hadist tersebut, Salman berkata bahwa Nabi Muhammada pernah bersabda:

“Bersamaan lahirnya anak laki-laki itu ada akikah maka tumpahkanlah (penebus) darinya darah (sembelihan), dan bersihkan darinya kotoran (cukur rambur rambutnya)”, (H.R. Bukhari).

Waktu Yang Paling Utama Untuk  Pelaksanaan Aqiqah

Tahukah anda mengenai waktu yang paling utama untuk melakukan aqiqah? Menurut sabda Nabi Muhammad SAW dalam H.R. Ahmad:

“Setiap anak tergadaikan dengan akikahnya. Disembelih pada hari ketujuh, dicukur gundul rambutnya dan diberi nama”, (H.R. Ahmad).

Menurut sabda diatas, para ulama juga sudah sependapat bahwa waktu yang paling utama dalam pelaksanaan aqiqah ialah di hari ketujuh setelah kelahiran sang anak. Namun, jika di hari ketujuh tersebut orangtua berhalangan melakukan kegiatan aqiqah, maka dapat dilaksanakan di hari ke-14 dan hari ke-21. Karena aqiqah berhukum sunnah, maka aqiqah dapat tetap dilaksanakan meskipun tidak pada 3 hari diatas melainkan kapanpun dengan batasan masa balighnya.

Bagaimana Jika Sudah Masa Baligh Namun Belum Diaqiqahi?

Syarat dari aqiqah sendiri ialah orangtua yang akan menyelenggarakan aqiqah harus memilikin kelapangan harta ataupun dikatakan mampu sehingga hukumnya tidak wajib bagi seluruh umat muslim. Namun bagaimana jika sang anak sudah dewasa, sudah melewati masa baligh?

Pada usia dewasa atau sudah melewati masa baligh, orangtua sudah gugur kewajibannya untuk mengakikahi anaknya. Hal ini diperbolehkan dan sah-sah saja. Namun, terkadang masih banyak orangtua yang bersikeras ingin mengakikahi anaknya meskipun sudah melewati masa baligh. Jika sudah masa baligh, ketentuan akikah jatuh kepada anak itu sendiri. Maka, solusi yang bisa digunakan ialah orangtua dapat memberikan uang kepada anaknya. Kemudian anak tersebut menggunakan uangnya untuk membeli hewan sendiri dan melakukan aqiqah sendiri.

Solusi diatas bukan tidak berdasar melainkan ada dalilnya yang bersandar pada hadist berikut:

“Nabi SAW mengakikahi dirinya sendiri setelah ia diutus sebagai Nabi,” (H.R. Baihaqi).

Bagaimana? Sudah bertambah bukan pemahaman anda mengenai aqiqah beserta hokum pelaksanaannya? Meskipun aqiqah bisa dikatakan dapat dilangsungkan kapan saja, tetap gunakan waktu utama pelaksanaan Aqiqah menurut Nabi Muhammad SAW ya, bahwa waktu utama aqiqah ialah ketika bayi yang dilahirkan berusia 7 hari. Bagi anda yang tidak ingin kerepotan menyiapkan aqiqah, anda dapat menggunakan jasa aqiqah jogja.

Jika anda warga jogja anda bisa menggunakan jasa catering jogja untuk kegiatan aqiqah anda atau anda juga bisa langsung menggunakan jasa aqiqah Jogja yang menyediakan berbagai paket kebutuhan aqiqah. Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan jasa catering untuk memenuhi kebutuhan anda untuk kegiatan aqiqah hajatan, konsumsi rombongan wisata, syukuran, pesta dan lain sebagainya anda bisa menghubungi kami sebagai jasa catering Jogja terbaik dan solutif yaitu Solusi Catering yang selalu mengutamakan kehalalan setiap makanan yang kami buat. Selain itu, solusi catering selalu memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menyajikan makanan yang enak namun harganya masih dapat terjangkau. Anda bisa menghubungi kami di 085742966649 atau melakukan pemesanan via email di halo@solusicatering.com. Berbagai layanan kami dapat anda lihat di website kami yaitu solusicatering.com atau mengunjungi alamat kami di Kasongan RT 01 Bangunjiwo Kasihan Bantul, Yogyakarta.